Ragam Bacaan Sholawat dan Keutamaan Bersholawat Kepada Nabi

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya

Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawat adalah salah satu dari sekian ibadah yang pahalanya sangat besar bila dilaksanakan oleh setiap muslim. Hendaknya membaca shalawat nabi dilakukan setiap hari. Kelebihan sholawat dibanding dengan ibadah lain adalah kita dapat membacanya di setiap kegiatan yang baik, seperti sholat, sebelum, saat, dan sesudah berdoa kepada Allah, di saat menghadapi ujian, dan kegiatan-kegiatan lain yang akan bernilai ibadah bila diiringi dengan Bersholawat.

Bersholawat kepada Nabi Muhammad merupakan sunnah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW, bahkan Allah sang pencipta ikut Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Perintah Allah SWT agar kita senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammada digambarkan Dalam Al Quran pada surat Al Ahzab ayat 56, Allah berfirman

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Selain itu, Rasulullah Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kita untuk bersholawat kepadanya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Ibnu Mas’ud ra. Beliau bersabda
“Manusia yang paling patut berkumpul denganku adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”
Dengan dua dalil tersebut, tentu tidak diragukan lagi bahwa Sholawat merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat dan Keutamaan. Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW selain untuk mendapatkan pahala, Sholawat juga dapat membuat hati menjadi tentram, aman, damai dan nyaman.

Hukum Bersholawat kepada Nabi

Ada perbedaan pendapat diantara ulama mengenai hukum Bersholawat terutama bacaan-bacan Sholawat apa saja yang diperbolehkan. Namun yang jelas hukum bersholawat suatu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk kita lakukan. Sebagai orang muslim yang ingin disukai oleh Rasulullah, pastinya kita harus mencintai Rasulullah SAW terlebih dahulu dengan melakukan perbuatan yang disukainya, yaitu shalawat.

Sholawat juga dapat dihukum wajib saat kita mendengar seseorang menyebut nama Rasulullah Nabi Muhammad, maka kita diharuskan menjawabnya dengan Sholawat.
Membaca Sholawat juga wajib saat melakukan salah rukun di dalam sholat, misalnya saat tasyahud.

Orang yang disebut namaku di sisinya tapi ia tidak mau bershalawat kepadaku, itulah manusia yang paling bakil.” (HR Imam Turmudzi).

Bacaan Sholawat yang Dianjurkan Nabi

Shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabatnya. Bentuk shalawat ini ada beberapa macam. Syaikh Al Albani rahimahullah dalam kitab Shifat Shalat Nabi menyebutkan ada tujuh bentuk shalawat dari hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ustadz Abdul Hakim bin Amir bin Abdat hafizhahullah di dalam kitab beliau, Sifat Shalawat & Salam, memmbawakan delapan riwayat tentang sifat shalawat Nabi.

Di antara bentuk shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah :


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. [HR Bukhari, Muslim, dan lainnya. Lihat Shifat Shalat Nabi, hlm. 165-166, karya Al Albani, Maktabah Al Ma’arif].

Waktu yang dianjurkan untuk Bersholawat Nabi

Pada saat shalat, Saat dalam Keadaan Duduk Tasyahud Akhir

Kaum muslimin sepakat melalui para alim ulamanya tentang disyariatkannnya membaca shalawat untuk Nabi Muhammad Saw pada tasyahud akhir dalam shalat. Namun, mereka belum sepakat tentang hukum mewajibkannya.

Orang- orang yang berpendapat akan wajibnya membaca shalawat pada saat tasyahud akhir mengemukakan sebuah dalil bahwa Rasulullah Saw pernah mendengar seorang lelaki yang memanjatkan doa ketika sedang melakukan shalat, akan tetapi hanya mengagungkan Allah saja dan sama sekali tidak bershalawat kepada Nabi Muhammad.

Maka Rasulullah Saw pun bersabda, “Orang ini terburu- buru.”

Kemudian Rasulullah Saw memanggil orang tersebut lalu berkata kepadanya dan juga selainnya,

Apabila salah seorang di antara kamu shalat/berdoa, hendaknya ia memulainya dengan mengagungkan Rabbnya dan memuji-Nya, kemudian bershalawat untuk Nabi Muhammad, baru selanjumya berdoa sesuai dengan yang ia inginkan.

Ketika Shalat Jenazah, di Takbir yang Kedua

Hal ini didasari adanya hadist yag diriwayatkan oleh Abu Umamah. Salah seorang sahabat Rasulullah memberitahukan bahwa hal sunnah yang dikerjakan pada saat melakukan shalat jenazah adalah sang imam melakukan takbiratul ihram, kemudian membaca surat Al- fatihah setelah takbir yang pertama secara pelan- pelan kemudian membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Bersholawat pada Hari Jum’at

Hari jum’at merupakan hari spesial bagi ummat islam karena hari ini merupakan rajanya hari. Oleh karena itu, sagatlah tepat jika hari yang begitu agung ini dimanfaatkan untuk membaca shalawat kepada baginda Muhammad Saw sebanyak- banyaknya.

Dalam Al- Qur’an dan Hadist seringkali disebutkan untuk memperbanyak bacaan shalawat . Terlebih jika kalimat shalawat nabi ini dibacakan pada hari jum’at , maka manfaat dan keutamaannya akan lebih besar dan berlipat ganda lagi.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah Saw bersabda :

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)Selain memberikan syafaat saat yaumil mahsyar nanti, bershalawat pada hari jum’at juga mempunyai beberapa keutaman lain, berikut ini beberapa keutaman bershalawat pada hari jum’at yang dikutip dari buku berjudul Afdhalush Shalawat ‘Alaa Sayyidis syahadat karanganga Syaikh Yusuf bin Ismail An- Nabhan.

Jika bershalawat satu kali pada hari jum’at, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak 10 kali. Maksud bershalawat kepada Nabi ini adalah dengan memberi rahmat- Nya untuk manusia yang membaca shalawat.

“Perbanyaklah membacakan shalat untukku pada hari dan malam jumat. Barangsiapa membacakan shalawat untukku satu kali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.”

Mengucapkan shalawat pada hari jum’at juga lebih utama dikarenakan disaksikan langsung oleh para malaikat dan malaikat tersebut akan bershalawat sebanyak 10 kali kepada mereka yang membacanya. Bershalawatnya para malaikat kepada Nabi Saw sama halnya dengan memintakan ampun untuk manusia yang membaca shalawat tersebut,

Dari Abdullah bin Amru bin Ash RA bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda,


“Jika kalian mendengar adzan oleh muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan, kemudian bacalah shalawat untukku. Sesungguhnya barangsiapa mengucapkan satu kali shalawat kepadaku niscaya Allah mengucapkan shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Ahmad)
Siapa yang paling banyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw di hari jum’at, maka dekat kedudukannya dengan Nabi Saw di Yaumil Mahsyar kelak.
Dengan memperbanyak shalawat pada malam jum’at, maka Nabi Muhammad akan menjadi penolong dan saksi di hari kiamat nanti.

Memperbanyak shalawat pada hari jum’at sebanyak seribu kali, maka dia tidak akan meninggal sebelum ia melihat surga sebagai tempat tinggalnya kelak.
Barangsiapa mebacakan shalawat kepadaku pada hari jum’at, maka shalawat itu akan menjadi syafaat untuknya besok pada hari kiamat.

Siapa yang shalat ashar di hari jum’at, kemudian sebelum berdiri meninggalkan shalatnya terlebih dahulu membaca shalawat yaitu “Allahumma Shalli Alaa Muhammad An- Nabiyyil Ummiyyi wa ‘Alaa Alihi wa Shahbhi Wa Sallim Tasliiman Katsiira” sebanyak delapanpulu kali, maka dosa- dosanya selama delapan puluh tahun akan diampuni dan juga akan dituliskan baginya pahala ibadah selama delapan puluh tahun.

Pada hari jum’at Malaikat yang tercipta dari Cahaya akan turun ke bumi, masing masing tangan mereka memegang pena yang terbuat dari emas dan lembaran- lembaran kertas yang terbuat dari cahaya . Mereka tidak menulis kecuali shalawat untuk nabi Muhammad Saw.

Ragam Macam Bacaan Sholawat dan Artinya

Shalawat Nariyah

Teks arab bacaan sholawat nariyah


Allohumma sholli ‘sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaamman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil qurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunalu bihir roghooibu wa husnul khowaatimu wa yustasqol ghomamu biwajhihil kariem wa ‘ala aalihi wa shohbihi fie kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’lumin laka

Arti Sholawat Nariyah:

Ya Alloh berilah sholawat dengan sholawat yang sempurna dan berilah salam dengan salam yang sempurna atas penghulu kami Muhammad yang dengannya terlepas segala ikatan, lenyap segala kesedihan, terpenuhi segala kebutuhan, tercapai segala kesenangan, semua diakhiri dengan kebaikan, hujan diturunkan, berkat dirinya yang pemurah, juga atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas sebanyak hitungan segala yang ada dalam pengetahuanMU

Sholawat Al Fatih

Teks bacaan shalawat al fatih dan artinya
Shalawat fatih dianjurkan untuk dibaca setiap hari karena beragam manfaat dan keutamaan sholawat fatih. Untuk ulasan lengkap mengenai sholawat al fatih (sholawat pembuka) silahkan baca keutamaan Sholawat Al fatih

Bacaan Sholawat Munjiyat

Salah satu bacaan sholawat yang populer di Indonesia adalaah shalawat munjiyat, berikut ini adalah bacaan bunyi shalawat tersebut 
Bacaan sholawat munjiyat dan keutamaannya


“ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHOLAATAN TUNJIINAA BIHAA MIN JAMII ‘IL AHWAALI WAL AAFAATI WATAQDHI LANAA BIHAA JAMII ‘ALHAAJAATI WATU THOHHIRUNAA BIHAA MIN JAMII ‘ISSAYYI-AATI, WATAR FA ‘UNAA BIHA ‘INDAKA A’LADDAROJAATI WATUBALLIGHUNAA BIHAA AQSHOL GHOOYAATI MINJAMII ‘IL KHOIROOTI FIL HAYAATI WABA’DAL MAMAATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIR”

Artinya :
“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang mendebarkan dan dari semua cobaan yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan kepada kita hajat, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat kita kepada setinggi-tinggi derajat.Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kita kepada sesempurna-sempurnanya semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Bacaan Sholawat Asyghil

Sholawat ‘Asyghil’ ini juga dikenal dengan sebutan sholawat ‘Habib Ahmad bin Umar al-Hinduan Baalawy’ (wafat 1122 H). Dikarenakan sholawat ini tercantum di dalam kitab kumpulan sholawat beliau, ‘al-Kawakib al-Mudhi’ah Fi Dzikr al-Shalah Ala Khair al-Bariyyah’. Namun beliau hanya mencantumkan, bukan mengarang redaksinya.

Sholawat ini pertama kalinya dipopulerkan di Indonesia melalui pemancar radio milik Yayasan Pesantren As-Syafi’iyyah yang diasuh ulama besar Betawi, almarhum KH Abdullah Syafi’i (wafat 1406 H). Sholawat ini dibawakan dengan nagham (nada) yang sangat menyentuh hati, indah didengar dan terasa sejuk di hati pembaca dan pendengarnya

Teks sholawat asyghil


Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad,
wa asyghilizh-zhalimiin bizh-zhalimiin,
wa akhrijnaa mim-bainihim saalimiin,
wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajma’iin.

Arti sholawat Asghyil :

Ya ALLAH, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad,
dan sibukkanlah orang-orang zhalim (agar mendapat kejahatan) dari orang zhalim lainnya,
keluarkanlah kami dari kejahatan mereka dalam keselamatan.
dan berikanlah sholawat kepada seluruh keluarga Nabi serta para sahabat beliau.


Nama

Adzan,1,Al Mubarrok Qudsiyyah,4,Al Munsyidin,1,Al Muqorrobin,1,Al Muqtashidah,11,Az-zahir,3,Cak Nun,1,El Mighwar,1,Fadhilah Sholawat,2,Grup Hadroh,22,Habib Syech,14,Hikmah,3,Kanjeng Sunan,1,Kategori Wanita,4,Maulid,2,Motivasi,1,Murottal,2,Pengajian,1,Pernikahan,1,Review Shalawat,1,Sabyan,1,Sholawat Jawa,1,Syubbanul Muslimin,1,Tarhim,1,
ltr
item
BERSHOLAWAT.COM: Ragam Bacaan Sholawat dan Keutamaan Bersholawat Kepada Nabi
Ragam Bacaan Sholawat dan Keutamaan Bersholawat Kepada Nabi
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya
https://1.bp.blogspot.com/-H3P9c-ShHqk/XBpD4OzNJ3I/AAAAAAAAAWk/2RlsgeGMhh4WBqpsIVhCSh4XVybqMjefwCLcBGAs/s640/bacaan%2Bteks%2Bsholawaat%2Bnariyaj.PNG
https://1.bp.blogspot.com/-H3P9c-ShHqk/XBpD4OzNJ3I/AAAAAAAAAWk/2RlsgeGMhh4WBqpsIVhCSh4XVybqMjefwCLcBGAs/s72-c/bacaan%2Bteks%2Bsholawaat%2Bnariyaj.PNG
BERSHOLAWAT.COM
https://www.bersholawat.com/2018/12/bacaan-sholawat-keutamaan-bersholawat.html
https://www.bersholawat.com/
https://www.bersholawat.com/
https://www.bersholawat.com/2018/12/bacaan-sholawat-keutamaan-bersholawat.html
true
8330530064744396024
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy