Nasihat Rasulullah di Pernikahan Ali dan Fatimah

SHARE:

Bersholawat..com - Salah satu hari yang membahagiakan bagi Rasulullah adalah hari pernikahan Ali bin Abi thalib dengan putri Beliau, Sayyidah Fatimah. Keduanya menikah dalam rentang antara perang Badar dan Perang Uhud. Tepatnya di bulan Ramadhan Tahun kedua Hijriyah.

Pesan Rosulullah  Pernikahan Ali bin abi thalib Fatimah

Di dalam islam, Pernikahan memiliki kedudukan yang sangat penting dan sakral.
Hal ini disebutkan di dalam Al-Qur’an, pernikahan disebut sebagai sebuah perjanjian yang kuat dan kukuh (mitsaqan ghalizha). 

mitsaqan ghalizha, Sebuah istilah yang hanya disebut Allah tiga kali dalam Al-Qur’an; Surat An-Nisa 21 (perjanjian suami dan istri atau pernikahan), Surat An-Nisa 154 (perjanjian Allah dengan umat-Nya soal ajaran agama), dan Al-Ahzab 7 (perjanjian Allah dengan para nabi).

Tidak lain, penggunaan ungkapan mitsaqan ghalizha adalah untuk menunjukkan bahwa pernikahan adalah sebuah ikatan yang suci. 
Maka dari itu, pasangan suami istri harus menjunjung tinggi ikatan tersebut, serta teguh mempertahankan dan menjaganya.

Pernikahan adalah pertemuan dua individu dengan latar belakang, karakter, dan budaya yang berbeda. Maka tidak heran jika di tengah perjalanan mengarungi biduk rumah tangga, terjadi perselisihan antara suami dan istri karena sejatinya mereka memang ‘berbeda’.

Tujuan pernikahan bukan lah untuk merubah salah satu menjadi seperti yang lainnya. Akan tetapi, masing-masing dituntut untuk bisa memahami dan menerima perbedaan yang ada diantara keduanya sehingga kebahagiaan dan ketenteraman bisa terwujud.

Dalam pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah, Rasulullah saw. telah memberikan tuntunan, pandangan, dan wejangan mengenai pernikahan.

Setidaknya ada tiga poin yang disampaikan Rasulullah pada kesempatan tersebut.

3 Nasihat Rasulullah dalam Pernikahan Ali-Fatimah

1. Pernikahan adalah kuasa Allah. 

Semua yang ada di jagat raya ini tidak bisa lepas dari kekuasaan dan ketetapan Allah, termasuk pernikahan. 
Dalam hal pernikahan, Allah telah menetapkan sebuah sistem. 

Apakah sebuah pernikahan langgeng dan gagal. Jika pasangan suami istri mengikuti sistem yang telah ditetapkan-Nya, maka pernikahan mereka bisa langgeng dan bahagia. Begitu pun sebaliknya. 

الذي خلق الخلق بقدرته، ونيرهم بأحكامه

Dialah yang yang menciptakan makhluk dengan kekuasan-Nya. Dialah yang menerangi jalan manusia dengan ketetapan-ketetapan-Nya,” kata Rasulullah saw. dalam pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah, dikutip dari buku Pengantin Al-Qur’an.  

2. Pernikahan adalah sarana memperoleh keturunan. 

Rasulullah juga menegaskan bahwa pernikahan adalah sarana untuk memperoleh keturunan. 

Dalam satu hadist, Rasulullah menyeru kepada umatnya untuk menikah dengan perempuan yang subur sehingga dapat melahirkan banyak anak. 

Yang terpenting bukan hanya memperoleh keturunan atau anak yang banyak saja, tapi juga berusaha membentuk generasi yang berkualitas. Yakni generasi yang beriman, bertakwa, dan berilmu.

إن عز وجل جعل المصاهرة نسبا

“Allah yang Maha Tinggi dan Maha Mulia telah menjadikan perkawinan sebagai sarana perolehan keturunan,” sambung Rasulullah saw. 

3. Pernikahan mempererat tali kekerabatan. 

Salah satu rukun nikah dalam Islam adalah adanya wali, khususnya bagi mempelai perempuan.

Dengan demikian, baik secara langsung atau tidak, sesungguhnya pernikahan dalam Islam tidak hanya melibatkan dua individu (mempelai laki-laki dan perempuan) saja, tapi juga keluarga besar dari yang bersangkutan. 

Setelah ada ikatan pernikahan, biasanya dua keluarga besar memiliki ikatan yang kuat.


Demikianlah artikel tentang nasihat pesan Rasulullah dalam pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Tholib dengan Sayyidatina Fatimah. Semoga Bermanfaat.

Artikel ini adalah pengemasan ulang dari 3 pesan Rosulullah dalam Pernikahan Ali-Fatimah.
Nama

Adzan,1,Al Mubarrok Qudsiyyah,4,Al Munsyidin,1,Al Muqorrobin,1,Al Muqtashidah,11,Az-zahir,3,Cak Nun,1,El Mighwar,1,Fadhilah Sholawat,2,Grup Hadroh,22,Habib Syech,14,Hikmah,3,Kanjeng Sunan,1,Kategori Wanita,4,Maulid,2,Motivasi,1,Murottal,2,Pengajian,1,Pernikahan,1,Review Shalawat,1,Sabyan,1,Sholawat Jawa,1,Syubbanul Muslimin,1,Tarhim,1,
ltr
item
BERSHOLAWAT.COM: Nasihat Rasulullah di Pernikahan Ali dan Fatimah
Nasihat Rasulullah di Pernikahan Ali dan Fatimah
Rasulullah memberikan 3 pesan saat pernikahan Ali bin Abi Thalib dengan Putrinya, Fatimah. Pesan tentang pernikahan tersebut sebagai berikut.
https://2.bp.blogspot.com/-ckazzgDTnSw/XEUpxeo9GCI/AAAAAAAAAZQ/B7VhBClrbSUPInU40fIPatWN0j7-ul_lQCLcBGAs/s320/pernikahan%2Bislam.PNG
https://2.bp.blogspot.com/-ckazzgDTnSw/XEUpxeo9GCI/AAAAAAAAAZQ/B7VhBClrbSUPInU40fIPatWN0j7-ul_lQCLcBGAs/s72-c/pernikahan%2Bislam.PNG
BERSHOLAWAT.COM
https://www.bersholawat.com/2019/01/pesan-rasulullah-tentang-pernikahan.html
https://www.bersholawat.com/
https://www.bersholawat.com/
https://www.bersholawat.com/2019/01/pesan-rasulullah-tentang-pernikahan.html
true
8330530064744396024
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy